Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Terbaik Perbaikan No Dering Speaker Xiaomi Mi 5s

Perbaikan No Dering Speaker Xiaomi Mi 5s - Hallo agan/sis sekalian, mungkin beberapa dari kalian ada yang memiliki ponsel smartphone Xiaomi Mi 5s. Dan sedang mengalami permasalahan kerusakan no dering atau no sound di speaker nya. Pastinya hal tersebut bisa bikin jengkel agan/sis ya, karena enggak bisa buat  menelpon atau dengerin musik tuh di ponsel Xiaomi Mi 5s nya.

Dan memang jika ponsel tidak menghasilkan suara dering bakal menyulitkan aktifitas kita di saat menggunakan ponsel smartphone. Terlebih jika ponsel Xiaomi Mi 5s itu  digunakan untuk kegiatan bekerja agan/sis.
Dimana ponsel sering menerima laporan atau notifikasi penting dari pekerjaan yang  agan/sis lakukan. Ya kalau ponsel tidak menghasilkan suara pastinya bakal gak ketahuan tuh kalo ada pesan yang masuk atau panggilan telpon. 

Kenapa bisa terjadi kerusakan no sound speaker atau tidak ada suara dering di ponsel ?

Beberapa faktor penyebabnya bisa bermacam-macam gan/sis, seperti kerusakan software di ponsel, kerusakan part dari speaker, atau pun kerusakan pada jalur dan komponen internal ponsel.

Maka di kesempatan ini, melalui tulisan artikel ini Dfixed akan coba membahas dan memberikan solusi perbaikan kerusakan no dering atau no sound Xiaomi Mi 5s.
 

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kerusakan no dering Xiaomi Mi 5s tersebut antar lain:

1.Lakukan Hard Reset

Dengan melakukan hard reset pada ponsel bisa menyelesaikan beberapa masalah yang ditimbulkan akibat kerusakan atau error system.
Seperti kerusakan kamera yang tidak terbuka, no signal, masalah insert SIM card dan tidak menutup kemungkinan dapat memperbaiki kerusakan no dering dan no sound speaker pada Xiaomi Mi 5s.

Maka untuk langkah awal agan/sis bisa melakukan hard reset atau pengaturan ulang pabrik, biasanya menu ini bisa di jumpai pada pengaturan di setiap ponsel smartphone.
 

2.Lakukan Instal Ulang Ponsel

Serupa dengan halnya hard reset, dengan melakukan install ulang pada smartphone Xiaomi maka akan memperbaiki error pada system.
Bedanya jika melakukan install ulang akan memperbaiki keseluruhan setiap data pada software di ponsel dan akan di kembalikan seperti semula.

Agan/sis bisa mencoba install ulang pada ponsel Xiaomi Mi 5s dengan menggunkan firmware atau StokROM yang sesuai tipe.
 
Dapatkan uga informasi lengkap tentang Solusi Ampuh Untuk Memperbaiki Oppo A37 Speaker No Ringer 

3.Ganti Speaker Buzzer

Ya, Selain kerusakan yang di sebabkan ganggunan pada system software, kerusakan no dering atau tidak ada suara pada speaker Xiaomi Mi 5s bisa disebabkan kerusakan pada part hardware nya juga loh.
Untuk langkah analisanya agan/sis harus melakukan pembongkaran pada ponsel yang mengalami kerusakan tidak ada dering speaker nya.

Buat agan/sis yang berjiwa teknisi Hehehe, pastinya gak bakal canggung deh buat bongkar-bongkar ponsel atau perangkat elektronik lainya. Untuk melakukan pemeriksaan gunakan multimeter atau AVO meter dan coba lakukan pengukuran pada speaker buzzer.
 
Jika hasil pengukuran tidak menunjukan nilai apapun atau jarum multimeter tidak bergerak, maka dipastikan speaker buzzer rusak. Maka langkah terbaiknya bisa segera menggantinya dengan part speaker buzzer yang baru. 

4.Periksa Jalur Pada Papan PCB

Kerusakan pada jalur komponen bisa menyebabkan timbulnya masalah tidak ada dering atau no ringer pada ponsel Xiaomi Mi 5s yang agan/sis miliki.
Untuk melakukan pemeriksaan pada jalur komponen , maka agan/sis harus memahami diagram atau skematik dari ponsel tersebut. Cukup banyak kok berbagai macam jenis diagram atau sekema ponsel di internet, agan/sis coba cari saja melalui Search Google.

Kerusakan pada jalur komponen bisa di sebabkan korosi atau karat yang di sebabkan cairan atau kelembapan, sehingga timbul karat dan merusak jalur komponen. Perbaikan jalur bisa juga di selesaikan dengan menggunkan metode jumper jalur pada bagian yang mengalami kerusakan.
 

5.Ganti IC Audio

5 Langkah Perbaikan No Dering Speaker Xiaomi Mi 5s

Langkah terakhir sebagai solusi kerusakan no dering atau tidak ada suara pada speaker buzzer ponsel xiaomi 5s bisa melakukan pergantian pada komponen IC audio. Biasanya kerusakan IC audio ini di akibatkan mungkin pernah tu agan/sis colokin ponsel ke power amplifier atau speaker aktif dengan menggunakan kabel jack 3,5.

Hal ini bisa menyebabkan korslet pada komponen internal terutama IC audio. Hampir rata-rata ponsel tipe sekarang tidak cocok di colokan langsung ke speaker aktif menggunkan kabel jack 3,5. Langkah aman nya sih agan/sis bisa menghubungkan ponsel dengan speaker Bluetooth saja,jika ingin mendengarkan musik dengan suara lebih keras.

Nah untuk melakukan pergantian IC audio bisa melihat dari seri dan tipe IC tersebut. Pada gambar diagram tertera dimana letak IC audio beserta tipe, lakukan rehot terlebih dahulu pada IC dan lihat hasilnya. Namun jika hasil tetap sama, maka di wajibkan melakukan pergantian IC audio pada ponsel smartphone Xiaomi Mi 5s.

Demikianlah 5 langkah perbaikan Xiomi Mi 5s yang mengalami kerusakan no dering atau tidak ada suara speaker. Semoga informasi dan tutorial perbaikan ponsel ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua, Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Cara Terbaik Perbaikan No Dering Speaker Xiaomi Mi 5s"