Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Paling Ampuh Memperbaiki Konektor USB Cas Ponsel Rusak/Kendor

Cara Memperbaiki Konektor USB Cas Ponsel Rusak kendor

Bagaimana cara memperbaiki keruskan konektor USB cas pada ponsel? Mungkin beberapa dari agan/sis pernah mengalami kondisi ponsel yang sulit di lakukan pengisian daya.
Padahal sudah di cas tapi baterai ponsel atau smartphone agan/sis gak bisa bertambah penuh, dan berakibat tidak bisa dinyalakan kembali alias mati total.

Penyebab terjadinya kerusakan tersebut bisa terjadi akibat faktor dari kepala charger yang kurang bagus, kabel yang mulai rusak atau malah dari konektor USB cas charger yang mulai mengalami kerusakan juga.

Untuk tingkat kerusakan dari konektor USB charger ponsel memiliki tingkat kerusakan yang berbeda-beda.
Seperti tingkat kerusakan rendah karena terkena kotoran dan debu, atau korosi pada port USB dan juga lobang port USB yang kendor.

Untuk tingkat kerusakan berat pada port usb charger pengisisn daya. Bisa di sebabkan kerusakan komponen internal seperti IC atau terjadi putus jalur di papan PCB ponsel smartphone.
 

Ciri-Ciri Konektor USB Cas Charger Ponsel Rusak

PONSEL TIDAK BISA DI CHARGER

Mungkin agan/sis udah coba bolak-balik ganti kabel untuk mengecas ponsel,tapi tetap saja baterai ponsel gak bisa terisi dan ponsel tetap mati total.

Namun jika kabel di tes di ponsel lain dan bisa berkerja dengan baik, itu berarti kemungkinan ada masalah pada port USB charger ponsel milik agan/sis.
 

PENGISIAN DAYA TERPUTUS SENDIRI

Ketika agan/sis mencoba mengisi daya baterai ponsel, dan mencoba mengubah arah letak ponsel,tiba-tiba proses pengecasan pada ponsel terputus, ini biasanya di akibatkan konektor USB charger sudah berubah bentuk atau kendor. 

PENGISIAN DAYA BATERAI TERLALU LAMA

Lama atau cepatnya proses pengisian baterai pada ponsel, bisa di pengaruhi oleh kepala charger yang digunakan, jenis kabel dan juga spek dari ponsel tersebut.

Namun agan/sis harus tau juga kerusakan pada konektor USB charger bisa membuat proses pengecasan baterai ponsel smartphone menjadi lama.

Lalu bagaimana langkah terbaik untuk mengatasi masalah konektor USB cas ponsel yang rusak atau Kendor?
 

Berikut ini Dfixed akan memeberikan beberapa langkah terbaik untuk mengatasi masalah port USB charger ponsel yang rusak dan kendor

1.Bersihkan Lobang Port USB Charger

Kondisi lobang port USB yang kotor bisa menyebabkan sulitnya  sumber daya tegangan mengalir ke ponsel menuju ke baterai.

Umumnya sering di jumpai debu yang menumpuk pada lobag cas, dan akan menyulitkan buat agan/sis melakukan pengisian daya pada ponsel.

Cara untuk membersihkan lobang port USB Charger yang kotor bisa menggunakan benda tajam seperti jarum. Dan perhatikan apabila terdapat kotoran yang menumpuk di lobang cas bisa mencongkel nya dengan menggunakan jarum dengan perlahan.

Pastikan semua kotoran bisa di keluarkan hingga bersih, dan coba kembali lakukan pengecasan pada ponsel.
 

2.Letakan Ponsel Di Posisi Terbaik

Cara ini sangat berguna apabila memang kondisi port USB charger mengalami perubahan bentuk dan kendor, maka agan/sis bisa mencoba memposisikan ponsel yang di cas di posisi tertentu agar kabel cas tidak mudah lepas.

Memang sih cara ini kurang efektif dan biasanya apabila ponsel tersenggol bakal terputus tuh pengisian daya baterai nya.

Namun cara ini tetap bisa dilakukan sebelum agan/sis melakukan perbaikan lebih lanjut lagi.
 

3.Ganti Port USB Charger

Apabila agan/sis telah melakukan pemebersihan pada lobang cas ponsel namun tetap tidak bisa melakukan pengisian daya.

Bisa jadi post USB telah mengalami kerusakan,  maka memang langkah terbaikanya harus dilakukan pergantian pada lobang port USB tersebut.

Untuk taksiran biaya pergantian port USB bisa dikenakan biaya sekitar 25 ribu hingga 80rb jika agan/sis menbawanya ke tempat service ponsel.

Namun jika agan/sis ahli dalam bidang operek-operek ponsel cukup membeli sparepart port USB dengan harga kisaran 5ribu samapi 8 ribu rupiah saja, dan tinggal menggantinya sendiri.
 

4.Kerusakan Jalur Dan Komponen Internal

Peyebab kerusakan atau tidak bisa nya ponsel di lakukan pengisian daya bisa disebakan oleh kerusakan pada jalur pada papan PCB ponsel dan juga kerusakan komponen internal.

Walaupun port USB cas dalam kondisi baik dan tidak kendor, namun karena adanya kerusakan di internal ponsel bisa berakibat ponsel tidak bisa si cas.

Untuk cara perbaikan nya agan/sis harus membongkar ponsel secara keseluruhan. Dan perhatian apakah ada jalur yang terputus akibat korosi karena kena air.

Atau terdapat komponen seperti resistor, dioda, kapasitor yang mengalami kerusakan.
Cara analisa nya bisa menggunakan alat multimeter atau AVO meter, namun jika agan/sis bingung dalam proses perbaikan nya. Ya tinggal serahkan saja ke tempat service ponsel di daerah agan/sis tinggal.
 

5.Kerusakan Pada IC charger

Kerusakan Pada IC charger

Tidak bisa nya ponsel dilakukan pengecasan bisa di akibatkan kerusakan pada IC charger. Sama dengan halnya  komponen internal lainya pada ponsel.

IC charger merupakan chips yang memperoses kinerja dari pengisian daya baterai pada ponsel dengan dukungan komponen internal lainya.

Jika IC charger tersebut mengalami kerusakan jelas sudah ponsel tidak bisa dilakukan pengisian daya malah bisa juga berakibat ponsel mati total.

Untuk biaya pergantian IC charger tergantung dari jenis ponsel smartphone milik agan/sis sekalian. Tapi umumnya harga pergantian di atas 100rb rupiah.

Demikianlah beberapa cara untuk memperbaiki konektor USB cas charger ponsel yang rusak. Sebelum melakukan analisa lebih dalam dianjurkan buat agan/sis melakukan perbaikan sederhana dahulu agar kondisi port USB cas bisa berfungsi kembali. Thanks.

Posting Komentar untuk "5 Cara Paling Ampuh Memperbaiki Konektor USB Cas Ponsel Rusak/Kendor"