Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Perbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Sentuh (Update 2022)

Cara memperbaiki touchscreen Xiaomi Redmi 4A tidak bisa sentuh - Agan/sis salah satu pengguna ponsel Xiaomi redmi 4A? dan mengalami kendala seperti kerusakan pada layar touchscreen yang tidak bisa disentuh.

Pastinya hal itu bikin pusing ya, karena ponsel bakalan gak bisa digunakan dengan semestinya, karena memang fungssi touchscreen pada ponsel sebagai media input perintah untuk menjalankan beberapa menu di ponsel.
 

Kerusakan touchscreen yang tidak bisa disentuh pada ponsel Xiaomi redmi 4A bisa disebabkan dari berbagai hal seperti:

  • Ponsel yang terjatuh sangat kuat.
  • Ponsel terkena tumpahan air atau cairan lainnya.
  • Ponsel tertekan benda keras mengakibatkan kerusakan komponen.
Namun apabila ponsel Xiaomi 4A memang terjatuh dengan keras dan mengakibatkan layar ponsel pecah atau retak dan alhasil layar touchscreen tidak bisa disentuh lagi. Cara gampang nya sih ya tinggal mengganti part touchscreen nya saja, karena biasanya LCD dan touchscreen ponsel Xiaomi redmi 4A di jual 1 set tidak terpisah.

Dan dengan mengganti LCD baru pastinya masalah layar sentuh yang rusak bisa terselesaikan. Namun berbeda ceritanya agan/sis kalau misalnya layar touchscreen Xiaomi 4A tidak pecah atau retak tapi tiba-tiba tidak bisa disentuh. Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Maka di artikel ini Dfixed akan memberikan solusi dan tutorial perbaikan layar Touchscreen Xiaomi redmi 4A yang tidak bisa di sentuh atau error.
 

Langkah-langkah yang bisa di terapkan untuk memperbaiki kerusakan touchscreen Xiaomi 4A antara lain:

1.LAKUKAN INSTALL ULANG SOFTWARE

Apabila ponsel Xiaomi redmi 4A milik agan/sis tiba-tiba tidak bisa di sentuh touchscreen nya walaupun sudah dilakukan restart ulang dan melepas baterai juga. Namun tetap tidak bisa di sentuh, maka langkah awal yang harus di coba adalah dengan melakukan install ulang software dengan jenis firmware atau stockROM yang sesuai dengan tipe ponsel.

Untuk stockROM dan program Miflash nya bisa agan/sis cari melalui Search Google. Untuk smartphone Xiaomi redmi 4A memiliki seri tipe yang disebut (Rolex).
 

2.LAKUKAN PEMBERSIHAN SOKET TOUCHSCREEN

Touchscreen Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Sentuh

Ponsel Xiaomi redmi 4A milik agan/sis terkena tumpahan air dan berakibat layar touchscreen rusak atau error. Ini bisebabkan air atau cairan sudah masuk dan membasahi komponen internal.

Untuk langkah memperbaikinya maka harus membongkar setiap bagian HP secara keseluruhan dengan menggunakan obeng. Dan segera keringkan bagian dalam ponsel terutama papan PCB dengan cara menjemurnya, atau dengan bantuan uap panas dari hairdryer.

Lalu perhatikan juga pada soket touchscreen dan lakukan pembersihan dari air yang mengendap di bagian soket tersebut, agar tidak mengakibatkan korosi jalur.
 

3.PERIKSA, GANTI ATAU COPOT KOMPONEN

Touchscreen xiaomi redmi 4A rusak

Apabila layar touchscreen ponsel Xiaomi 4A tidak mengalami pecah,tidak terkena cairan namun secara tiba2 tidak bisa disentuh sama sekali. Dan agan/sis pun sudah melakukan install ulang dan tetap belum memberikan hasil terbaik. Maka disarankan untuk memeriksa beberapa komponen internal pada ponsel.

Pada gambar diagram yang Dfixed berikan terlihat 3 komponen dioda yang di lepas. Lakukan pelepasan secara 1 per 1 dan lakukan pengetesan pada layar touchscreen apakah bisa di sentuh kembali dan normal.

Atau agan/sis bisa mengganti 3 komponen dioda tersebut dengan part yang baru dengan nilai yang sama. Namun sebelum melakukan pelepasan dan pergantian komponen alangkah baiknya di periksa dulu dengan menggunakan multimeter ya.

Cara kedua: Bisa mencopot komponen kapasitor yang juga tertera pada gambar diagram. Dan cara ini cukup ampuh untuk meyelesaikan kerusakan touchscreen tidak bisa disentuh pada ponsel Xiaomi redmi 4A.

Cara Perbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Sentuh

Agan/sis bisa cukup mencopot kapasitor nya saja, Tapi kalau memang ada komponen pengganti dengan nilai yang sama bisa di pasangkan kembali di bagian tersebut.

Itulah 3 step yang bisa agan/sis lakukan  untuk memperbaiki layar touchscreen rusak, tidak bisa disentuh atau error pada smartphone Xiaomi redmi 4A. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Thanks.

4 komentar untuk "4 Cara Perbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 4A Tidak Bisa Sentuh (Update 2022)"

  1. remove maksudnya dicopot gan ? gak bermasalah itu gan klo dicopot gitu? maaf pemula hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada komponen pengganti, bisa di gantikan. tp saya biasanya cukup cabut saja. dan keseringan yang bermasalah di komponen kapasitor yang di bawah lobang jack headset itu, sesuai dengan gambar nomor 3.

      Hapus
  2. kak jika tegangn semua normal pada smua titik pin apanya ya kira2 kok masih gak bisa di sentuh, sedangkan touchcren sma sekali tidak retak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba test pakai touchscreen yang baru gan

      Hapus