Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Terbaik Perbaiki Mode Headset Pada Xiaomi Redmi 3S Dan 3 PRO

Cara Perbaiki Mode Headset Pada Xiaomi Redmi 3S Dan 3 PRO - Halo , Berjumpa kembali bersama Dfixed untuk membahas tentang solusi kerusakan ponsel android. Kali ini kita akan coba mencari solusi perbaikan dari kerusakan ponsel xiaomi redmi 3S/3 PRO headset mode.

Kerusakan munculnya mode headset pada ponsel pastinya akan mengganggu aktifitas agan/sis disaat akan menggunakan HP Xiaomi Redmi 3S/3 PRO untuk melakukan panggilan telpon.

Selain itu kegiatan lain juga seperti bermain game, mendengarkan music, memutar video dan juga merekam suara akan terganggu. Disebabkan oleh munculnya mode headset pada HP Xiaomi.
 

Untuk mengetahui penyebab dan gejala yang ditimbulkan oleh mode headset pada HP adalah sebagai berikut ini:

  • Apabila agan/sis menyalakan ponsel akan muncul logo headset atau headphone pada sisi atas kanan pada layar LCD HP Xiaomi.
  • Apabila muncul mode headset, maka fungsi dari speaker buzzer sebagai output suara dan juga microphone sebagai input suara juga tidak akan berfungsi sama sekali.

Untuk solusi perbaikan mode headset pada HP Xiaomi redmi 3S/3 PRO bisa melakukan langkah perbaikan ringan terlebih dahulu seperti berikut:

1. Lakukan restart ponsel

Agan/sis bisa melakukan langkah dasar perbaikan seperti merestart ponsel. Cara ini bisa mengembalikan fungsi HP Xiaomi menjadi normal kembali. 

2. Bersihkan lobang jack headset

Kotoran ataupun debu yang menumpuk pada lobang jack bisa menyebabkan munculnya logo headset. Maka agan/sis bisa membersihkan nya dengan menggunkan cotton bud yang di basahi dengan sedikit cairan alcohol. 

3. Lakukan hardreset, pembaharuan system atau install ulang

Jika logo headset tidak juga hilang, maka dianjurkan agan/sis mencoba melakukan hard reset, pembaharuan system dan juga install ulang. Besar kemungkinan terjadi error system atau “ Bug” yang menyebabkan munculnya mode headset pada HP Xiaomi Redmi 3S atau 3PRO.

Jika  perbaikan  dengan langkah dasar belum memberikan hasil, maka dianjurkan agan/sis untuk melakukan perbaikan secara manual. Yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada komponen internal ponsel Xiaomi Redmi 3S dan xiaomi redmi 3PRO.

Cara Perbaiki Mode Headset Pada Xiaomi Redmi 3S Dan 3 PRO

Langkah nya yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada komponen dioda yang tertera pada gambar diagram yang telah Dfixed berikan. Lakukan pencabutan pada komponen dioda tersebut. Atau lebih baik ganti dengan komponen dioda yang  bernilai sama. Lalu amati kembali pada layar ponsel Xiaomi apakah logo headset tetap muncul atau telah hilang.
 

Kamu juga bisa mengetahui Solusi Ampuh Untuk Memperbaiki Oppo A37 Speaker No Ringer
 

Jika mode headset telah hilang, Selanjutnya coba agan/sis lakukan pengujian pada speaker buzzer dan juga fungsi microphone. Jika berfungsi dengan baik dan normal silahkan rakit kembali ponsel xiaomi Redmi 3S kembali ke posisi semula.
 

Catatan Tambahan: Jika mode headset tetap muncul setelah pergantian komponen dioda, besar kemungkinan terjadi kerusakan pada IC power di smartphone Xiaomi Redmi 3S atau 3 PRO. Maka harus melakukan pergantian pada komponen IC power tersebut. Langkah perbaikan dengan mengganti IC bisa dibilang langkah yang paling ampuh dan terbaik untuk mengatasi kerusakan dan masalah mode headset ini.
 

Demikianlah langkah perbaikan ponsel smartphone Xiaomi Sedmi 3s/3PRO mode headset. Semoga informasi dan tutorial ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua. Thanks.

Posting Komentar untuk "4 Cara Terbaik Perbaiki Mode Headset Pada Xiaomi Redmi 3S Dan 3 PRO"