Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Terbaik Dalam Memperbaiki Xiaomi Redmi 6A Lampu LED Layar Padam

Xiaomi Redmi 6A Lampu LED Layar Padam - Halo berjumpa kembali bersama Dfixed, kali ini kita akan coba membahas tentang masalah kerusakan HP Xiaomi Redmi 6A lampu LED pada LCD padam atau sering disebut no backlight, no display.

Kerusakan hilangnya cahaya lampu pada layar LCD sebuah ponsel smartphone pastinya akan menyulitkan agan/sis untuk menggunakan ponsel untuk aktifitas ya.

Karena memang dengan kerusakan tidak ada cahaya pada LCD atau no backlight agan/sis cuma bisa mendengar suara panggilan telpon ataupun nada dering notifikasi pesan sms, pesan chat ataupun lainya.

Sebelum kita menuju pembahasan bagaimana cara untuk memperbaiki kerusakan no backlight atau lampu LED padam pada smartphone android Xiaomi Redmi 6A. Ketahui terlebih dahulu apa saja gejala yang terjadi.
 

Berikut ini gejala kerusakan Xiaomi Redmi 6A  no backlight atau no display

  • Saat HP dinyalakan tidak ada cahaya yang tampil pada panel LCD
  • Getar,suara muncul secara normal dan jika kita menyentuh pada layar touchscreen maka HP merespon dengan baik. Namun kondisi layar tetap tidak ada cahaya dan gambar.
  • Ponsel tetap bisa menerima panggilan telpon dan notifikasi pesan dengan munculnya suara nada dering
  • Saat di hubungkan ke charger maka terdengar suara tanda pengisian daya terhubung
Setelah mengetahui gejala dari kerusakan matinya lampu LED pada panel LCD, maka langkah selanjutnya agan/sis bisa melakukan analisa dan langkah perbaikan yag tepat. 

Berikut ini 3 cara memperbaiki Xiaomi Redmi 6A lampu LED panel LCD mati atau no backlight

1. Ganti panel LCD

Cara yang paling umum bisa dilakukan pada kasus kerusakan seperti ini, bisa mencoba mengganti layar LCD. Atau bisa juga agan/sis mengetes LCD di toko spartpart HP. Agar bisa diketahui apa sumber masalah kerusakan tersebut. Jika proses pergantian LCD bisa menyelesaikan kerusakan no backlight tersebut, maka bisa langsung memasang panel LCD yang baru.

Tetapi jika tetap tidak memberikan hasil terbaik di saat mencoba panel LCD yang baru, maka bisa dipastikan kerusakan terdapat pada HP Xiaomi milik agan/sis.
 

2. Periksa konektor LCD

Munculnya kerusakan no backlight atau mati lampu LED pada layar HP bisa di sebabkan konektor LCD yang mulai rusak. Rusakanya konektor bisa disebabkan korosi, karat dan jamur. Ini dikarenakan udara lembab ataupun ponsel yang terkena tumpahan air. Coba lakukan pembersihan pada konektor LCD dengan cairan alkohol, thinner, ataupun bensin dan sikat perlahan agar kondisi konektor kembali bersih. Jika ditemukan kaki pin konektor yang rusak maka lakukan solder ulang ya agan/sis.

Selanjutnya pasang kembali layar pada HP uji kembali layar LCD apakah gambar dan cahaya bisa muncul dengan normal.
 

3. Periksa komponen internal

Jika kondisi panel LCD dan juga konektor nya dalam kondisi baik, namun cahaya pada layar HP tetap tidak muncul maka bisa dilakukan pemeriksaan pada komponen internal.

Pada gambar diagram yang Dfixed berikan bisa menjadi panduan buat agan/sis untuk melakukan analisa dan juga perbaikan pada HP android Xiaomi Redmi 6A yang lampu LED nya padam atau no display.

 

Tambah pengetahuanmu dengan membaca Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi 4A Suhu Terlalu Rendah

Pada gambar diagram pertama coba lakukan pengukuran pada area komponen yang di tandai garis merah. Pengukuran bisa dilakukan dengan bantuan Multimeter. Ukur nilai dan hambatan di setiap komponen.

Cara memperbaiki xiaomi redmi 6a no display no backlight

Pada gambar kedua, coba lakukan pengukuran pada komponn yang ditandai. Ukur nilainya jika kondisinya rusak maka ganti komponen tersebut dengan komponen berjenis sama. Atau bisa juga agan/sis cukup lakukan jumper jalur saja.

3 Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi 6A Lampu LED Layar Padam

Di gambar ketiga, coba agan/sis lakukan pengukuran hambatan di komponen resistor yang di tandai. Jika tidak ada nilai hambatan saat dilakukan pengukuran coba ganti komponen resistor tersebut. Atau bisa juga langsung lakukan jumper jalur saja ya.
 
3 cara memperbaiki xiaomi redmi 6a no backlight display LCD

Itulah beberapa langkah dan tutorial perbaikan smartphone android Xiaomi Redmi 6A yang lampu LED di panel LCD tidak menyala atau sering disebut no backlight, no display LCD. Semoga dengan informasi singkat ini bisa bermanfaat bagi agan/sis semua ya.

Memang segala kerusakan pada HP bisa di picu dari berbagi macam hal dan cara perbaikanya juga berbeda-beda. Namun agan/sis tetap bisa mencoba langkah diatas untuk memperbaiki kerusakan pada ponsel Xiaomi tersebut. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "3 Cara Terbaik Dalam Memperbaiki Xiaomi Redmi 6A Lampu LED Layar Padam "