Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Terbaik Dalam Memperbaiki Layar Touchscreen Xiaomi 4A Tidak Bisa Di Sentuh

Solusi memperbaiki layar touchscreen xiaomi redmi 4a tidak bisa di sentuh - Seperti diketahui bersama jika HP xiaomi redmi 4A cukup sering digunakan banyak orang. Karena memang memiliki spesifikasi yang lumayan untuk bermain game, menjalankan aplikasi dan juga kebutuhan lainya.

Namun yang namanya perangkat elektronika seperti smartphone sering sekali mengalami kerusakan. Begitu juga pada HP Xiaomi Redmi 4A, bisa saja layar touchscreen xiaomi 4A tidak bisa di sentuh atau touchscreen Xiaomi Redmi 4A tidak berfungsi sama sekali.

Maka pada pembahasan kali ini Dfixed akan memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki layar sentuh Xiaomi Redmi 4A tidak berfungsi atau tidak bisa disentuh.

Namun sebelum kita menuju cara perbaikan nya, alangkah baiknya ketahui dulu apa saja hal atau faktor yang bisa menyebabkan kerusakan tersebut terjadi ya.
 

Berikut ini beberapa penyebab HP xiaomi Redmi 4A touchscreen nya tidak bisa disentuh

  • HP yang terjatuh secara kuat ( terjadi kerusakan pada part dan komponen internal )
  • Layar touchscreen yang pecah atau retak
  • Ponsel yang terkena tumpahan air
  • Error pada software HP
Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi pemicu munculnya kerusakan touchscreen yang tidak bisa disentuh pada HP Xiaomi Redmi 4A. Maka langkah selanjutnya perlu dilakukan sebuah analisa dan perbaikan sederhana dahulu. 

Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki touchscreen HP Xiaomi Redmi 4A tidak bisa disentuh atau error

1. Lakukan Hard Reset

Cara ini bisa dilakukan jika terjadi masalah atau kerusakan pada layar sentuh HP. Kamu bisa mencoba melakukan hard reset jika terjadi kerusakan tersebut. Dengan cara masuk ke menu pengaturan pada HP tadi dan cari pilihan cadangan & pengaturan ulang. Yang jadi pertanyaan bagimana bisa masuk ke menu pengaturan di HP sedangkan layar touchscreen tidak berfungsi. Untuk alternatif nya kamu bisa mengunakan koneksi sebuah mouse komputer(PC) ataupun milik laptop dengan sambungan sebuah kabel OTG. Maka kamu bisa mengakses seluruh fungsi dari HP Xioami tadi.
 

Selanjutnya coba lakukan hard reset hingga proses selesai, namun sebelum nya usahakan backup semua data penting milik anda di memori card ya. Jika proses hard reset selesai coba uji fungsi dari layar sentuh apakah bisa berfungsi dengan normal kembali. Jika tetap tidak ada perubahan maka perlu pemeriksaan lebih lanjut. 

2. Ganti Layar Sentuh Touchscreen

Jika kondisi layar sentuh ponsel mengalami pecah atau retak, biasanya langkah yang bisa diambil adalah dengan mengganti layar sentuh yang baru. Cara ini merupakan langkah terbaik dan merupakan perbaikan lanjutan jika memang dengan melakukan Hard reset tidak memberikan hasil terbaik. Kamu bisa membeli touchscreen di toko sparepart HP ataupun melalaui toko online.
 

Ketahui juga informasi tentang Apakah Mengganti Touchscreen Pecah Harus Juga Mengganti LCD 

3. Periksa Kondisi Jalur Di Papan PCB

Dalam kasus berbeda sering sekali kerusakan touchscreen diakibatkan ponsel yang terkena tumpahan air. Lalu bagimana cara mengatasi HP Xiaomi 4A tidak bisa disentuh karena terkena air?
Cara nya kamu harus melakukan pembongkaran pada seluruh bagian dari HP dengan menggunkan obeng. Dan segera keringkan jika ada air pada papan PCB dan juga bagian-bagian ponsel lainya.
Kamu bisa menjemur nya di bawah panas sinar matahari, menggunakan kipas angin atau dengan menggunakan udara panas dari hairdryer. Pastikan seluruh bagian HP yang basah mengering.

Lalu lanjutkan untuk memeriksa kondisi jalur pada papan PCB.
Jika ditemukan korosi seperi jamur dan karat, maka segera bersihkan dengan menggunkan cairan alkohol,thiner ataupun bensin. Rendam papan PCB dan sikat seluruh bagian papan PCB agar kondisi kembali bersih.
 

Selanjutnya keringkan kembali papan PCB HP Xiaomi tadi dan kembali rakit seluruh bagian-bagian HP ke posisi semula. Dan nyalakan HP dan uji kembali fungsi dari touchscreen nya, apakah bisa befungsi dengan baik atau tetap tidak bisa disentuh.
 

Jika layar touchscreen tetap tidak bisa disentuh, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan atau korslet pada komponen internal di HP Xiaomi tersebut. 

4. Periksa Dan Ganti Komponen

Jika ternyata HP Xiaomi Redmi 4A layar sentuh tidak berfungsi atau touchscreen Xaiomi 4A tetap error, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada komponen internal nya seperti kapasitor, resisitor,dioda dan lainya.
 

Untuk solusi touchscreen Xiaomi Redmi 4A tidak bisa disentuh, maka Dfixed telah memberikan sebuah gambar diagram yang bisa menjadi panduan buat kamu untuk memperbaiki kerusakan tersebut.


Memperbaiki Layar Touchscreen Xiaomi 4A Tidak Bisa Di Sentuh

Coba lakukan pemeriksaan pada jalur layar touchscreen Xiaomi 4A menuju komponen dioda dengan batuan alat multimeter. Jika hasil pengukuran tidak memberikan nilai, maka bisa saja kerjadi kerusakan pada jalur dan juga komponen dioda. Maka langkah perbaikan bisa dilakukan jumper jalur pada komponen dioda tersebut.
 

Namun jika tetap tidak ada perubahan, maka coba cabut satu persatu komponen dioda yang terdapat pada gambar diagram. Lalu uji kembali fungsi dari touchscreen Xiaomi 4A.
 

Untuk alternatif lainya jika tetap saja touchscreen Xiaomi Redmi 4A tidak berfungsi, maka langkah selajutnya ganti komponen kapasitor yang terletak di bawah lobang headset audio. Perhatian pada gambar diagram letak komponen tersebut. Namun bisa juga cukup melepas komponen kapasitor tersebut jika kamu tidak memiliki komponen pengganti nya.

Cara memperbaiki xiaomi redmi 4a touchscreen tidak berfungsi

Langkah selanjutnya rakit kembali semua bagian dari HP dan uji kembali fungsi layar sentuh HP Xiaomi 4A. Seharus nya layar sentuh sudah bisa berfugsi kembali secara normal.
 

Karena cara perbaikan ini sudah Dfixed lakukan beberapa kali pada kasus kerusakan yang sama pada Xiaomi Redmi 4A dan terbukti sukses. Demikianlah tutorial singkat yang bisa Dfixed berikan untuk memperbaiki touchscreen HP Xiaomi Redmi 4A tidak bisa disentuh atau error. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu semua ya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "4 Langkah Terbaik Dalam Memperbaiki Layar Touchscreen Xiaomi 4A Tidak Bisa Di Sentuh"