Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva Tidak Bisa Disentuh 100% Berhasil

Cara Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva Tidak Bisa Disentuh

Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi - Kerusakan pada hp smartphone dapat terjadi secara tidak terduga saat kita menggunakannya, tentunya itu akan membuat kita kesal.

Terlebih jika kerusakan berdampak pada layar sentuh yang tidak bisa disentuh sama sekali, sudah bisa dipastikan akan cukup mengganggu aktivitas kita di saat menggunakan smartphone.

Pada kesempatan kali ini, Dfixed akan memberikan solusi perbaikan dari masalah kerusakan layar sentuh Xiaomi Redmi 5A yang tidak berfungsi, tidak bisa sentuh dan juga error.

Namun, sebelum kita mulai menganalisa kerusakan dan mencari solusi untuk kerusakan layar sentuh pada Xiaomi Redmi 5A Riva, yuk kita intip spesifikasi singkat Xiaomi Redmi 5A.


Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A Riva:

  • Chipset Qualcomm dengan RAM 2GB dan ROM 16GB
  • Sistem operasi  MIUI 9 dapat ditingkatkan
  • Warna  Emas, Rose gold, Abu-abu, dan Hitam


Setelah mengetahui spesifikasi penting Xiaomi Redmi 5A.
Ada beberapa ciri-ciri kerusakan layar sentuh yang khas pada ponsel yang haru agan/sis ketahui sebelum melangkah untuk melakukan analisa serta perbaikannya.


Kerusakan pada layar sentuh smartphone dapat menyebabkan gejala berikut:

1. Karena layar sentuh tidak bisa merespon input dari sentuhan jari, maka agan/sis bakal kesusahan untuk membuka kunci pada ponsel sera mengakses menu pada hp juga.

2. Untuk beberapa waktu mungkin touchscreen pada smartphone Xiaomi bisa saja berfungsi normal, namun akan kembali bermasalah tanpa kita ketahui.


Cara memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi


1. Periksa soket layar sentuh pada papan PCB, jika terdapat korosi dan karat, maka bersihkan dengan pelarut alkohol jika perlu.

2.lakukan penyolderan ulang kaki pin pada soket touchscreen yang terdapat pada mainboard PCB, cara ini tentunya cukup baik dilakukan untuk mengatasi masalah layar sentuh tidak berfungsi di ponsel Xiaomi..

3. Agan/sis bisa memeriksa kondisi jalur komponen pada papan PCB sebelum menerapkan jumper jalan, seperti yang terlihat pada ilustrasi diagram. Mengatasi kerusakan touchscreen untuk disentuh Xiaomi Redmi 5A bisa dengan melakukan jumper jalur yang terputus.

4. Periksa setiap komponen dioda yang terlihat pada gambar diagram, coba ukur dengan multimeter, dan segera perbaiki dan ganti dioda yang rusak.

Jalur Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi 

Cara memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi

5. Jika salah satu metode di atas gagal menyelesaikan masalah layar sentuh yang tidak berfungsi, langkah terakhir yang bisa agan/sis lakukan adalah mengganti layar sentuh Xiaomi Redmi 5A dengan part yang baru. Karena kemungkinan besar sudah terjadi kerusakan pada IC touch yang terdapat pada layar sentuh Xiaomi redmi 5A.. 

 

Itulah panduan tentang cara memperbaiki layar sentuh Xiaomi Redmi 5A tidak berfungsi dan tidak bisa disentuh. Semoga dengan adanya tutorial perbaiki ini agan/sis dapat menyelesaikan masalah kerusakan pada smartphone Xiaomi redmi 5A riva yang dimiliki.

Posting Komentar untuk "5 Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Touchscreen Xiaomi Redmi 5A Riva Tidak Bisa Disentuh 100% Berhasil"