Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10, 11 Terbukti Berhasil

Dfixed.com - 4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10, 11 Terbukti Berhasil. Penggunaan barang-barang teknologi terutama smartphone dan laptop semakin marak akhir-akhir ini. pandemic membuat hampir seluruh sektor pekerjaan dan pendidikan harus dikerjakan dari rumah. Untuk itu perangkat seperti smartphone dan laptop kemudian menjadi sesuatu yang sangat krusial untuk keberlangsungan berbagai urusan. 

4-cara-mengatasi-tidak-bisa-mengetik-di-search-windows-10-11-terbukti-berhasil

Sama seperti smartphone, perangkat teknologi seperti laptop juga rentan mengalami berbagai kendala mulai dari kamera tidak berfungsi, keyboard rusak, software tidak berjalan baik dan juga windows yang tidak dapat berfungsi sempurna. Untuk itu sedikit saya akan berbagi tentang keyboard tidak bisa mengetik di search windows 10, 11 dengan mudah pasti berhasil.


Salah satu permasalahan yang sering ditemui oleh pengguna laptop atau personal computer biasanya keyboard tidak bisa mengetik di start menu windows 10, 11. Permasalahan ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas kamu dalam menggunakan laptop dan PC. 


Melakukan pencarian lewat windows search dapat membantu menemukan aplikasi dan file yang akan  digunakan dengan cepat. Kamu hanya perlu mengetikkan nama aplikasi atau file maka secara otomatis hasilnya akan muncul pada layar. Untuk itu pembahasan Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10 perlu anda pelajari dengan baik.


Cara Mengatasi Keyboard Tidak Bisa Mengetik Di Search Windows 10 

Jika tombol start dan search windows 10 tidak berfungsi seperti biasa, kamu akan membutuhkan banyak waktu jika ingin mencari aplikasi dan file tertentu, apalagi jika kamu terburu-buru dan lupa dimana letak aplikasi atau file yang kamu butuhkan. Apabila kamu mengalami persoalan tersebut kamu dapat menyimak cara-cara dibawah ini untuk membantu memperbaikinya. Terkadang kita juga menemui masalah tombol start dan search windows 10 tidak berfungsi dengan baik. 


1. Kamu dapat mencoba menjalankan program Ctfmon.exe. coba klik tombol windows + R lalu ketikkan kunci ini C:\Windows\system32\ctfmon.exe dan klik ok. Lalu tunggu beberapa menit dan kamu bisa mencoba menggunakan windows search pada piranti elektronika.


2. Kamu dapat mencoba menekan windows+R lalu ketik cmd dan tekan shift+ctrl+enter. Pada bar atas kamu harus memastikan muncul tulisan administrator. Kamu bisa melanjutkan dengan mengetik kunci berikut HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run /v ctfmon /t REG_SZ /d CTFMON. EXE dan lanjutkan dengan menekan tombol enter. Setelah itu kamu dapat langsung mencoba windows search pada laptop atau personal computer milikmu.


3. Cara ketiga yang dapat kamu gunakan adalah dengan Powershell. Kamu bisa memulai dengan menekan windows+X lalu pilih windows powershell (admin) lau ketik kunci berikut Get-AppXPackage –ALLUsers |Where-Object {$_.InstallLocation –like “*SystemApps*”} | Foreach {Add-AppxPackage – DisableDevelopmentMode –Register “$ ( $_. InstallLocation) \AppXManifest. xml”}. Setelah itu klik enter dan kamu harus menunggu beberapa saat agar dapat menggunakan windows search.


4. Cara selanjutnya yang dapat kamu coba jika ketiga cara sebelumnya kurang berhasil adalah mematikan proses Cortana. Mungkin penyebab windows search milikmu tidak dapat berfungsi adalah adanya error pada Cortana. Kamu dapat mulai menekan windows+X dan buka task manager. Selanjutnya cari program Cortana pada bagian tab process dan klik end task. 

Langkah terakhir untuk membuat windows search berfungsi adalah menggunakan Regedit. Cara ini sedikit beresiko, jika kamu tidak yakin mencobanya sendiri kamu dapat meminta bantuan seseorang yang telah paham mengenai regedit. Kamu dapat memulai membuka windows+r dan ketik regedit, setelah itu klik enter. 


Jika regedit telah terbuka masukkan kunci berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run dan klik enter. Selanjutnya klik kanan pada area yang kosong di folder Run dan pilih New>String Value. Coba ganti nama file tersebut dengan nama apa saja, sebaiknya sesuaikan dengan kunci permasalahan. Klik dua kali pada file baru yang telah kamu beri nama. 


Selanjutnya akan muncul Edit string dan kamu harus mengisi value data dengan kunci berikut C:\Windows\system32\ctfmon.exe. dan klik ok. Setelah itu kami perlu memulai ulang laptop kamu sebelum mencoba windows search lagi. 

Empat cara diatas adalah langkah yang dapat kamu lakukan jika windows search pada windows 10 milikmu tidak berfungsi beberapa cara di atas juga bisa bekerja pada windows 11, namun jika masih tidak dapat berfungsi kamu dapat mencoba langkah-langkah dibawah ini


Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik Search di Windows 11

- Kamu bisa memulai membuka Task Manager dan klik Ctrl+Shift+Esc bersama-sama. 

- Selanjutnya tekan tab services.

 - Cari tablet input service

- Setelah menemukan tablet input services kamu bisa melanjutkan dengan melakukan klik kanan dan memilih opsi start. 

Untuk memastikan apakah windows search sudah berfungsi dengan benar kamu dapat mencobanya terlebih dahulu. Jika masih tidak berfungsi cobalah untuk merestart laptop atau personal computer mu terlebih dahulu. Lalu tunggu beberapa saat dan coba lagi. Simak dengan teliti cara mengatasi tidak bisa mengetik search di windows 11 agar berhasil ya.


Gagal fungsi pada windows search membuat kamu tidak bisa mengetik pada kolom pencarian windows. Imi menyulitkan untuk mencari dokumen, file, aplikasi yang jumlahnya dapat mencapai ribuan dan sangat membutuhkan waktu jika dicari secara manual satu-persatu. 

Windows search yang tidak berfungsi dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari banyaknya sampah yang menyebabkan kinerja laptop dan komputer melemah, error pada saat melakukan pembaruan windows, adanya virus yang mengganggu sistem windows dan juga error pada Cortana. Selain dapat menggunakan berbagai langkah di atas, kamu harus selalu memperhatikan kondisi laptop atau komputer kamu. 


Jika telah banyak sampah yang menumpuk coba untuk menghapusnya secara rutin sebelum menggunakannya. Sebagai salah satu fitur penting untuk mempermudah menggunakan laptop dan komputer gangguan pada fungsi windows search akan menghambat kamu dalam melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kedua hal tersebut. Jika pada laptop anda search windows 11 tidak berfungsi bisa mencoba tutorial di atas ya.


Akhir Kata

Barang-barang teknologi seperti komputer dan laptop rentan mengalami permasalahan baik pada software maupun hardware jika tidak dijaga dengan baik.  Untuk itu jika kamu memiliki piranti teknologi baiknya kamu selalu memperhatikan kondisinya agar dapat selalu berfungsi dengan baik sehingga tidak mengganggu berbagai urusan pekerjaan atau urusan sekolahmu. Semoga informasi cara mengatasi tidak bisa mengetik di search windows 10, 11 ini bisa memberikan manfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Search Windows 10, 11 Terbukti Berhasil"