Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Dan Jernih Pasti Berhasil

Dfixed.com - 4+ Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Dan Jernih Pasti Berhasil. Penggunaan laptop kini semakin marak sebagai akibat dari munculnya wacana sekolah dari rumah dan bekerja dari rumah. Sebagai salah satu teknologi canggih yang memiliki beragam fitur, laptop dipilih untuk mempermudah berbagai jenis aktivitas daring. Mulai dari menyelesaikan pekerjaan, tugas-tugas sekolah, mengetik hingga terhubung secara online. Biasanya komunikasi daring mengumpulkan anggotanya dalam sebuah ruang pertemuan. 

4-cara-setting-kamera-laptop-agar-terang-dan-jernih-pasti-berhasil

Komunikasi daring kini semakin dipermudah dengan fitur microphone dan kamera. Sehingga selain dapat mendengar obrolan juga dapat dapat melihat secara langsung wajah dari orang-orang yang tergabung pada pertemuan. Namun penggunaan laptop mungkin sedikit rumit terutama bagi orang yang baru menggunakan benda tersebut,  terutama dalam penggunaan kamera yang tidak seterang ketika menggunakan smartphone. 


Kamera laptop cenderung memiliki pencahayaan lebih gelap dan lebih buram serta berkualitas rendah.  Pastinya kamera laptop buram akan membuat aktivitas kita terganggu saat belajar maupun bekerja. Sebagai salah satu komponen utama yang menunjang aktivitas pertemuan online, kamera yang terang tentu sangat membantu menunjang penampilan kamu. Untuk itu panduan cara setting kamera laptop agar terang dan jernih perlu kita pahami dengan baik.


Beberapa hal yang mungkin menyebabkan kamera laptop nampak buram dan gelap diantaranya adalah lensa kamera kotor, driver tidak pernah diupdate, terkena virus, kamera bawaan laptop mengalami kerusakan, kamera error dan lain sebagainya. Kamera laptop adalah salah satu bagian dari perangkat laptop. 


Hampir semua laptop memiliki fitur ini, kamera laptop memiliki kualitas gambar yang tidak terlalu bagus karena resolusinya yang rendah. Dibandingkan dengan kamera pada smartphone kamera pada laptop cenderung buruk, meski pada beberapa jenis laptop gambar yang ditampilkan cukup bagus dan jernih. Berikut akan saya jelaskan tentang cara setting kamera laptop asus, acer, lenovo agar jernih dan jelas saat kita ingin zoom atau kegiatan yang lain.


Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Zoom Dengan Mudah

Jika kamu adalah salah satu orang yang mengalami kendala kamera gelap saat pertemuan daring, kamu dapat menyimak beberapa cara agar kamera laptop jernih saat zoom dengan mudah dan cepat. Langkah-langkah berikut dapat kamu lakukan sendiri dirumah atau meminta bantuan profesional jika kamu tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri dengan tips cara setting kamera laptop agar terang dan jernih dibawah ini : 


1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Terkadang tanpa kita sadari saat menggunakan laptop terdapat kotoran yang menempel pada laptop milik kita. Pada saat membuka laptop kita juga seringkali memegang bagian lensa sehingga menimbulkan bekas sidik jari. Hal itu dapat membuat tampilan kamera kita akan buram dan gelap karena menutupi beberapa bagian atau bahkan seluruh spot kamera. 

Pastikan sebelum menggunakan kamera laptop, kamu telah membersihkan seluruh bagian kamera dengan kain pembersih khusus atau tisu yang diberi air. Hal ini sekaligus memastikan kondisi laptop kamu selalu bersih ketika akan digunakan sehingga tidak mengganggu aktivitas kamu.

Jika setelah dibersihkan namun kamera masih saja gelap, kamu bisa mencoba langkah-langkah selanjutnya dibawah ini.


2. Lakukan Update

Kamera yang buram atau gelap ketika digunakan mungkin disebabkan adanya ketidakcocokan antara software kamera dengan windows yang kamu gunakan pada laptop kamu. Kualitas kamera laptop memiliki kebanyakan tidak terlalu bagus, jangan diperparah dengan menggunakan software laptop yang tidak kompatibel.

Kamu dapat melakukan update pada software kamera laptop agar kamera laptop dapat digunakan dengan baik dan menghindari resiko buram dan gelap. 

Selain update software kamu juga bisa mencoba melakukan update pada driver kamera untuk memperbaiki kualitas gambar yang muncul ketika menggunakan fitur kamera.  Namun sebelum itu kamu perlu mengecek apakah driver kamera laptop sudah aktif atau belum. Masing-masing merk laptop memiliki situs resmi untuk update, kamu juga bisa memilih menggunakan DriverPack. 


3.  Instal Ulang

Jika kamu telah menyesuaikan software kamera dengan windows namun kamera laptop yang kamu gunakan masih buram dan gelap kamu dapat melakukan uninstall pada kamera laptop terlebih dahulu, hal ini bisa jadi kamera yang buram dan gelap ditengarai adanya masalah pada softwarenya.

Setelah uninstall kamu bisa menginstalnya kembali, pastikan untuk menginstal software resmi agar tidak terjadi masalah yang sama lagi. Setelah melakukan instal ulang refresh laptop yang kamu gunakan untuk memastikan kamera telah terinstal dengan baik.  


4. Menggunakan Aplikasi dan Kamera Eksternal

Kamu dapat menggunakan faktor luar untuk memperbaiki tampilan kamera kamu. Kamu bisa menginstal aplikasi khusus yang membantu memperbaiki kualitas pencahayaan pada kamera kamu.  Beragam jenis aplikasi biasanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, juga tampilan yang bermacam-macam. Kamu perlu menyesuaikan kapasitas laptop sebelum menginstal aplikasi tertentu.

Tidak hanya menggunakan aplikasi bantuan, kamu juga dapat menggunakan kamera eksternal. penggunaan kamera eksternal dapat membantu memberi gambar yang lebih jernih dan terang dan menghasilkan tampilan gambar kualitas tinggi. Kamera eksternal dapat kamu peroleh lewat berbagai marketplace. 


Sebelum kamu melakukan berbagai cara di atas, kamu harus memastikan laptop kamu tidak dalam kondisi rusak, pastikan kamera bawaan juga dapat digunakan, selain itu kamu juga harus memastikan ketika sedang menggunakan laptop, kamu memiliki pencahayaan yang cukup baik.

Kamu juga perlu memastikan kamera laptop kamu telah diatur untuk digunakan pada berbagai aplikasi yang kamu butuhkan. Terkadang aplikasi baru memerlukan izin saat hendak digunakan untuk fitur kamera.  Pastikan juga bahwa tidak ada aplikasi lain yang sedang menggunakan kamera.

Kamera yang ada pada laptop memiliki kemapanan yang lebih rendah dibanding dengan smartphone, karena fungsi utama penggunaan laptop bukanlah untuk kegiatan fotografi. Untuk itu terkadang kamera laptop yang kamu gunakan tampak lebih gelap dibanding jika kamu menggunakan kamera smartphone sehingga perlu dilakukan beberapa hal agar tampilannya lebih baik.


Akhir Kata

Tampilan yang jernih dan terang pada saat menggunakan laptop tentu diinginkan oleh setiap orang yang memiliki aktivitas intens dengan laptop. Jika kamu ingin memiliki gambar terang saat menggunakan kamera laptop, kamu perlu membaca cara setting kamera laptop agar terang dan jernih di atas ya.


Posting Komentar untuk "4+ Cara Setting Kamera Laptop Agar Terang Dan Jernih Pasti Berhasil"